Sabtu, 12 April 2014

dewasa

dewasa???

kata ini menimbulkan banyak tafsiran ditinjau dari berbagai pemikiran
apakah dewasa itu dari usianya? entah,,
apakah dari ukuran badannya? gak tuh,,
apakah dari tingkahnya yang beradegan dewasa??(weww) apalagi,,, (gk banget)
atau yang udah haid buat cewe dan uda dikhitan buat yang cowo? bisa jadi.. (baligh;cukup umur)
atau apa lagi...?? 
sebenarnya apa si dewasa itu? kenapa kita perlu tau kata itu, kenapa perlu memahaminya,,

menurut pengalaman hidup sendiri, dewasa itu bagaimana kita belajar dari pengalaman hidup, dari masalah-masalah yang pernah kita hadapi,
dari sulitnya hidup yang merubah pola pikir kita, dari tantangan yang membuat kita berfikir bagaimana menyelesaikan masalah dalam keadaan sesulit apapun tapi dengan hasil dan penyelesaian yang tanpa saling menyakiti
kita dikatakan dewasa bagaimana kita belajar hidup bukan hanya mementingkan diri-sendiri, bagaimana kita hidup dengan menyampingkan keegoisan yang hanya menguntungkan diri sendiri,
tapi bagaimana kita bisa hidup dalam harmoni, agar hidup ini juga bermanfaat untuk orang lain,,
dari pengalaman hidup sejak kecil yang begitu keras, membuat saya berfikir untuk lebih berhati-hati menyikapi keadaan,
terlebih keluarga yang sangat akrab, hingga aku tak pernah merasakan apa itu sakit dan tak pernah tersakiti, dengan keluarga semuanya begitu bahagia tanpa beban,,
akan tetapi,
begitu aku keluar dari rumah, bersosialisasi dengan orang-orang yang lebih jauh dan berbeda dari kehidupan keluarga, 
aku sering berfikir untuk mencoba mengerti mereka yang diluar sana, tapi seolah hanya dimanfaatkan saja. sakit memang. baik itu dari teman dekat, saudara sepupu, apalagi pacar.
untuk pertama kalinya aku merasakan sakit,, sakit sekali
inginku menghindar saja dari kehidupan luar, karena didalam keluarga aku menemukan ketentraman dan kedamaian,,
akan tetapi, bertambah usia memaksaku harus berkembang dengan kehidupan diuar sana, dan semakin sadar bahwa kita hidup untuk orang lain, tak bisa sendiri,,

seringkali aku berfikir, dan memperhatikan orang-orang disekitar, aku mengenal seseorang 
kriteria atau orang bisa dikatakan dewasa itu bagaimana?
wujud nyata bahwa seorang dikatakan dewasa,,
definisi dewasa menurut para ahli, ciri-ciri orang dewasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar