Minggu, 20 April 2014

apa itu bisnis MLM ??

MLM / Network Marketing atau Pemasaran Jaringan atau sering disebut bisnis MLM (Multi Level Marketing) merupakan salah satu jenis bisnis pemasaran produk yang berbeda dibanding bisnis tradisional pada umumnya, karena produk yang dipasarkan langsung sampai ke tangan konsumen/pelanggan tanpa melalui jaringan distribusi yang panjang seperti pada bisnis tradisional/konvensional. Sehingga terlihat jelas bahwa bisnis network marketing merupakan efisiensi dari jalur pemasaran yang panjang sekali seperti pada bisnis tradisional. Sehingga dengan adanya efisiensi tersebut maka pengeluaran biaya dari pabrik sampai ke pelanggan bisa ditekan dan dibagi buat para distributornya dengan pembagian yang adil.

Akan tetapi bisnis network marketing juga banyak menemui pro dan kontra di kalangan masyarakat luas. Memang benar ada beberapa perusahaan yang berkedok sebagai bisnis jaringan, yang biasanya kita kenal dengan nama Money Game dan Arisan Berantai. Jenis bisnis seperti itu biasanya tanpa menawarkan produk dan walaupun ada maka produknya tidak berkualitas. Selain itu yang bergabung diawal selalu dapat keuntungan besar sehingga hanya bisnis tipuan semata. Maraknya bisnis semacam ini di masyarakat maka banyak orang yang menjadi korban, karena bisnis semacam itu paling lama bertahan hanya 3-5 tahun saja dan setelah itu tutup atau berganti nama.

Berhasil atau gagal, sukses atau tidaknya seseorang baik dalam suatu pekerjaan, rumah tangga, hubungan ataupun bidang - bidang lainnya, sangat dipengaruhi dari cara pandang seseorang terhadap hal tersebut, begitu pula di bisnis mlm. network marketing, pemasaran jaringan,dan sebutan lain untuk bisnis luar biasa ini.Mungkin Anda bertanya - tanya, "saya sudah berpandangan postif terhadap bisnis ini (mlm), saya sering mengikuti training - training, pertemuan dan semua hal yang dianjurkan upline ( buku, kaset dan alat - alat lain sudah saya beli dan pelajari, tapi buktinya saya tidak sukses - sukses, gimana sich?".
Yang dimaksud "paradigma yang menentukan sukses" adalah paradigma yang ada di alam bawah sadar, bukan hanya di alam sadar anda, contoh gampangnya begini : setelah mengikuti training anda merasa sangat bersemangat, anda merasa bahwa setelah keluar dari ruangan anda akan langsung presentasi kepada semua orang, mulai dari buyut, kakek-nenek, ayah ibu, kakak-adik, anak - anak anda, cucu bahkan kalau perlu cicit anda yang belum lahirpun akan anda presentasi, hehe becanda, tapi apa yang terjadi ? 1 hari, 2 hari, 3 hari,4,5,6 hari, seminggu, sampai sebulan dan seterusnya anda nggak melakukannya, berarti "anda cuman menyadari bahwa presentasi penting dan mudah hanya di alam alam sadar, tapi belum  di alam bawah sadar, jadi seperti "selalu menabrak tembok yang tidak terlihat", bangkit-gagal lagi, semangat-malas lagi, begitu seterusnya berulang - ulang.
Ingin tahu cara mengatasinya ?, seperti ketika kita makan piring ( alam bawah sadar) kita harus kita bersihkan dulu, sebersih-bersihnya, sebelum kita taruh makanan ( pikiran sadar ) diatasnya. Dibawah ini kami menyajikan hal - hal untuk membantu anda membersihkan alam bawah sadar anda :

Katanya : indoktrinasi (cuci otak dengan janji-janji muluk tentang impian)

Paragraph.

Faktanya : Network Marketing membangun kualitas distributornya

Bisnis ini merupakan "bisnis manusia", dimana setiap distributor perlu dibekali pengetahuan mengenai perusahaan, produk dan teknik menjalankan bisnis, gak mungkin ada perusahaan yang tidak mengajarkan kesetiaan kepada perusahaan sebagai syarat sukses.Contoh anda menjadi distributor motor merek suzuki, tentu suzuki mengajarkan anda untuk loyal terhadap perusahaan tersebut, jadi hal yang wajar - wajar saja, sama dengan di bisnis lain setiap perusahaan mengajarkan loyalitas dan peningkatan SDM.

Katanya : hanya sekedar penghasilan tambahan.

mlm, network marketing, rahasia sukses mlm

Faktanya : Penghasilan tidak terbatas (unlimited)

Memang semua bisnis, pekerjaan dan hal - hal lain didunia (bukan mlm saja ), bila dijalani hanya sebagai hobi, setengah - setengah dan tidak konsisten, hanya akan menjadi "pelengkap" saja.Tapi coba anda lihat ada seseorang yang menjadi kaya hanya dengan mengumpulkan botol - botol bekas, ada yang menjadi direktur hanya dengan menjadi office boy pada awalnya.Apa beda mereka (orang - orang yang Gagal ) dengan orang - orang yang Sukses di MLM  ?, hanya 2, yaitu :
  1. kurangnya pikiran, tenaga, dan waktu yang mereka curahkan, orang sukses selalu all out    ( mati - matian), dalam bekerja dibidang apapun;
  2. kurangya do'a dan harapan mereka, yang mereka minta pada Tuhan atas kesuksesan mereka di bidang tersebut, orang sukses bekerja keras lalu pasrah pada Tuhan.Orang gagal malas bekerja dan was-was (tidak pasrah pada Tuhan)

Dalam berbagai macam bisnis,pastilah memiliki segi kelebihan dan kekurangan. Biasanya untuk prosentasi dengan kelebihannya lebih kecil. Pada perusahaan MLM kebanyakan senjata utamanya adalah barang atau jasa yang mereka jual, tetapi tidak kesemuanya barang atau jasa yang mereka produksi laku keras dipasaran.  


Kecenderungan MLM lebih memilih produk kesehatan,kecantikan,makanan dan fashion. Mereka memilih sektor ini,karena banyak peminat. Kehebatan sistem mereka sebenarnya bukan Cuma dari kekuatan produknya saja,melainkan ada banyak sisi yang mendukung perusahaan MLM menjadi besar,yakni promosi,member,kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sebagai batasan pembicaraan kali ini adalah kekurangan yang dimiliki sebuah perusahaan MLM. Sebelum member untuk sebuah perusahaan MLM alngkah baiknya belajar dari sisi kekuarangannya juga.
Kekurangannya sebagai berikut :
1.      Sistem yang lebih menghasilkan,lebih disukai
Pandangan seperti ini jangan ditiru, karena bila kita Cuma bertahan dalam satu produk saja, yang dimana kita merasa produk ini bagus buat kita maupun konsumen hanyalah membuat kita mati suri. Karena kita mengandalkan satu perusahaan saja,sudah merasa nyaman akan hasil yang dicapai. Lebih baik mencari sampingan sebagai member lain, hal ini dapat membangun jiwa leadership dan kewirausahaan anda. Sehingga nanti setelah tidak lagi menajdi member MLM,bisa juga membuat usaha sendiri dengan menggunakan sistem yang sama tetapi bisa lebih baik.
2.      Harga Produk lebih mahal
Tahu kah kalian,mengapa harga produk jauh lebih mahal? Hal ini dikarenakan pengalihan biaya promosi ke biaya reward untuk para member yang sudah melampaui beberapa level yang disediakan. Sebagai gambaran, kalau perusahaan A memanfaatkan promo melalui distributor dilapangan kemungkinan barang dari perusahaan A melewati beberapa distributor. Perusahaan Aà distributor à grosir à eceran/retail à konsumen. Berbeda dengan menggunakan strategi MLM,meski ketercapain produk ke konsumen lebih cepat, tetapi jalan untuk mencapai ke konsumen melalui beberapa level member. Hal ini yang menyebabkan biaya membengkak,karena digunakan untuk reward setiap member yang berhasil dalam penjualan produk.
3.      Devisa negara semakin hilang
Karena kebanyakan produsen MLM adalah perusahaan dari luar negeri. Ini mengakibatkan proses perekonomian dan hasil keuntungannya lari ke kas luar negeri.
4.      Bisa mengganggu orang lain
Up line dan sistem MLM biasanya mengajarkan untuk merayu konsumen,kadangkala ada yang mengajarkan untuk bagaimana caranya biar si calon member minimal bisa masuk ke member dulu. Hal ini biasanya secara tidak sengaja terjadi pemaksaan keanggotaan.