Senin, 21 April 2014

Sering Kesemutan

ini nih yang akhir-akhir ini sering saya alami, karena penasaran jadi saya search aja di Google,,
biar sedikit lebih tahu aja, baca aja.. :)

Pada setiap melakukan kegiatan sehari-hari, kemudian tangan sering kesemutan pada awalnya hanya dianggap karena terlalu cape dan sering di sepelekan. Padahal hampir semua orang pernah merasakan kesemutan yang terjadi pada organ anggota gerak seperti tangan, kaki, lengan dan sebagainya. Tapi apakah sebenarnya kesemutan ini??
Dalam bahasa medis, kesemutan disebut parestesia yaitu sebuah sensasi spontan yang tidak wajar yang menimbulkan rasa pada anggota tubuh tertentu. Jadi kesemutan yang sering kali dirasakan adalah suatu terminologi untuk suatu gejala dan bukan diagnosis penyakit.

Tangan Sering Kesemutan

Bagaimana tangan sering kesemutan ini terjadi? Pada dasarnya kesemutan yang biasa dijumpai bukan sebuah penyakit tapi merupakan gejala pada berbagai penyakit. Berbagai penyakit syaraf terutama pada bagian syaraf perifer yang sering mengalami gejala parestesia atau kesemutan ini. Peredaran darah yang tidak lancar ataupun syaraf yang lemah bisa menimbulkan kesemutan. Berikut ini beberapa penyebab tangan sering kesemutan :
  • Penyakit sendi dan syaraf
Ketika terjadi nyeri lengan atau mengalami pembengkakan sendi atau jaringan lunak di lengan yang dapat mengurangi aliran darah ke tangan. Kondisi atau penyakit inilah yang bisa menyebabkan terjadinya tangan sering kesemutan karena berbagai hal seperti lupus, rheumatoid arthritis, asam urat atau hipotiroid.
  • Gerakan tangan yang berulang
Saat melakukan kegiatan yang  sama dalam waktu yang lama dengan gerakan tangan dan pergelangan tangan yang dilakukan terus berulang dapat menyebabkan selaput tendon membengkak dan membuat tangan sering kesemutan.
  • Cidera pada bagian tangan
Ketika pernah mengalami patah tulang di pergelangan tangan, dislokasi tulang, akan terjadi pada pertumbuhan tulang baru dari tulang penyembuhan, atau tulang taji. Kondisi ini dapat mengambil ruang di terowongan karpal dan menempatkan lebih banyak tekanan pada saraf median.
  • Sendi tidak normal
Pada saat terjadi hal yang tidak normal pada jaringan di tangan dan atau  pergelangan tangan yang disebabkan oleh penuaan dan gerakan berulang dari tangan atau pergelangan tangan, akan menjadi penyebab kesemutan pada tangan.

Tangan Sering Kesemutan

Penyebab tangan sering kesemutan di atas pada dasarnya karena kurangnya aliran darah ke daerah tertentu sebagai contoh adalah terjadinya penumpukan plak dari aterosklerosis di kaki dapat menyebabkan nyeri, mati rasa, dan kesemutan sambil berjalan. Tekanan pada saraf pada tingkat abnormal terjadi karena kekurangan kalsium, kalium, atau natrium dalam tubuh dan kekurangan vitamin B12.
Penyebab terjadinya kesemutan sebenarnya bisa diatasi dengan mencukupi kebutuhan vitamin-vitamin neorotropik. Caranya, dengan mengkonsumsi vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin-vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan jaringan saraf. Menjaga metabolisme karbohidrat akan menyediakan energi untuk syaraf dengan vitamin B1. Manfaat vitamin B6 untuk metabolisme protein dan memelihara fungsi normal saraf. kemudian tambahkan dengan analgesik yang berfungsi sebagai anti radang.